INPUT DEVICE (Alat masukan )
Yaitu alat
yang digunakan untuk menerima masukkan data dan program yang akan diproses di
dalam computer.Berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam
suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang
diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal
computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang
menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick,
yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer.
Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya
dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat
melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam
komputer.
Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
Contoh alat
device input :
a.Keyboard
digunakan
untuk memberikan masukan (input) ke dalam komputer, dimana masukan (input)
tersebut dapat berupa data atau perintah yang dimasukkan dengan cara
mengetikkannya langsung pada keyboard.
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
b. Mouse
Mouse adalah
salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan
pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis
dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal
sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface).
sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil
di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar
mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu
tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol
penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah
penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan
berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada
pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula
istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri
mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan
objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya.
Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan
klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali
disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu
mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
c. Scanner
Scanner
adalah alat masukan yang dapat menyalin atau meng-copy gambar atau teks yang
kemudian hasilnya langsung dtampilkan melalui monitor komputer dan selanjutnya
gambar atau teks tersebut dapat ditambah, ditambah, dimodifikasi sesuai
keinginan pengguna, dan dapat disimpan ke dalam harddisk dan media penyimpanan
lainnya, dalam format file teks, dokumen, dan gambar. Jika dilihat dari segi
fungsinya scanner ini mirip seperti mesin fotocopy. Perbedaannya adalah mesin
fotocopy hasilnya langsung dicetak pada kertas sesuai aslinya, tidak dapat
ditambah, dikurangi, dimodifikasi dan tidak dapat disimpan dalam media
penyimpanan. Sedangkan scanner hasilnya langsung ditampilkan melalui monitor,
dan hasil tersebut dapat dilakukan perbaikan atau modifikasi dan dapat disimpan
dalam media penyimpanan.
d. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
e.Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
f. Joy Stick
dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
g. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
h. Kamera
Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
i. Graphics
Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
* PROSES
DEVICE
Otak sebuah
komputer berada pada unit pemrosesan (Process device). Unit pemrosesan ini
dinamakan CPU ( Central Processing Unit ). Fungsi CPU adalah sebagai pemroses
dan pengolah data yang selanjutnya dapat menghasilkan suatu informasi yang
diperlukan. Pada komputer mikro unit pemrosesan ini disebut
denganmicro-processor (pemroses mikro) atau processor yang berbentuk chip yang
terdiri dari ribuan sampai jutaan IC. Fungsi utama dari CPU bekerja dengan
aritmatika dan logika terhadap data yang terdapat dalam memori atau yang
dimasukkan melalui unit masukkan seperti keyboard, scanner, atau joystick.
Kecepatanprocessor atau CPU ini diukur dengan satuan hitung hertz atau clock
cycles. Saat ini, komputer memiliki kecepatan processor sampai giga hertz. 1
Giga Herzt sama dengan 1.000.000.000 herzt. Perkembangannyaprocessor yang
pertama kali muncul tahun 1990-an adalah pentium dengan kecepatan 75 Mega
Hertz, dan saat ini kecepatannya sudah mencapai 3 Giga Hertz lebih dengan
processor Pentium IV. Seiring dengan kecepatan Pentium IV, telah pula
diperkenalkan processor dengan teknologi mobile yaitu Centrino(Pentium M –
Centrino) jenis processor ini baru terdapat pada komputer-komputer built up,
laptop, notebook. Saat ini, processor yang terbaru adalah Dual Core (Core Duo).
Processor ini memiliki dua kecepatan giga hertz seperti memiliki dua processor.
Beberapa produsen processor yang terkenal adalah Intel, AMD dan Cyrix. CPU
bekerja berdasarkan instruksi suatu software, atau instruksi suatu program.
a. ALU (
Arithmetical Logical Unit )Fungsi unit ini adalah untuk melakukan suatu proses
data yang berbentuk angka dan logika, seperti data matematika dan statistika.
ALU terdiri dari register-register untuk menyimpan informasi. Tugas utama dari
ALU adalah melakukan perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai
dengan instruksi program. Sirkuit yang digunakan oleh ALU ini disebut dengan
adderkarena operasi yang dilakukan dengan dasar penjumlahan. Tugas lain dari
ALU adalah melakukan keputusan dari operasi sesuai dengan instruksi program
yaitu operasi logika (logical operation). Operasi logika meliputi perbandingan
dua buah elemen logika dengan menggunakan operator logika, yaitu :
- Sama
dengan (=)
- Tidak sama
dengan ( <> )
- Kurang
dari ( < )
- Kurang
atau sama dengan dari ( <= )
- Lebih
besar dari ( > )
- Lebih
besar atau sama dengan dari ( >= )
b.CU (
Control Unit )Fungsi unit ini adalah untuk melakukan pengontrolan dan
pengendalian terhadap suatu proses yang dilakukan sebelum data tersebut
dikeluarkan (output). Selain itu CU menafsirkan perintah dan menghasilkan
sinyal yang tepat untuk bagian lain dalam sistem komputer. Unit ini mengatur
kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan
dari program komputer. Bila terdapat instruksi perhitungan atau logika maka
unit ini akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Dengan demikian tugas dari
Control Unit ini adalah :
Mengatur dan
mengendalikan alat-alat input dan output
Mengambil
instruksi-instruk dari memori utama
Mengambil
data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses
Mengirim
instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta
mengawasi kerja dari ALU
Menyimpan
hasil proses ke memori utama. Fungsi peralatan yang terdapat dalam CPU dibagi
menjadi 3 Macam yaitu :
a.Peralatan
Proses ( Process Storage)
Peralatan
Proses adalah alat yang digunakan untuk melakukan suatu pemrosesan data. Yang
termasuk peralatan proses adalah sebagai berikut.
1.)
Processor Alat ini berfungsi sebagai pengolah data, processor merupakan bagian
yang sangat penting dalam komputer. Kehandalan suatu komputer dapat dilihat
dari processor yang digunakannya, misalnya Processor : Intel Pentium 4, AMD,
Centrino dan Core Duo. Semakin tinggi tingkatan processor-nya semakin baik
fungsi komputer tersebut.
2.) Register Register merupakan jenis memori yang terdapat pada processor dan sebagai memori internal processor. Register merupakan memori yang mempunyai kecepatan tinggi 5 sampai 10 kali dibandingkan memori utama. Register digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU, sedang instruksi-instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di memori utama.
3.) Cache memoriMerupakan memori yang dapat meningkatkan kecepatan komputer dan dikatakan sebagai memori perantara.
4.) ROM ( Read Only Memory)Memori dalam CPU berfungsi membantu proses kerja komputer. ROM adalah salah satu memori, mempunyai sifat hanya dapat dibaca dan tidak bisa diubah dan mempunyai sifat yang permanen atau tetap (non volatile). ROM mulai berfungsi saat menghidupkan komputer.Sebagian perintah ROM ini dipindakan juga ke dalam RAM berupa instruksi atau syntax-syntax. Misalnya, untuk melihat isi file dengan perintah DIR dan untuk mengecek kapasitas disket atau harddisk dengan CHKDSK, ROM bersifat tetap atau permanen bila terjadi mati listrik, file pada ROM tidak akan hilang. Instruksi yang tersimpan dalam ROM disebut dengan microinstruction atau firmware karena hardware dan software dijadikan satu oleh pabrik pembuatnya. Apabila isi dari ROM hilang atau rusak maka sistem dari komputer tidak dapat berfungsi, oleh karena itu pabrik komputer merancang ROM hanya dapat dibaca saja dan tidak dapat dirubah. Selain ROM terdapat pula jenis ROM yang dapat diprogram kembali yaitu PROM(Programmable Read Only Memory), yang hanya dapat diprogram satu kali dan tidak dapat diubah kembali. Kemudian terdapat pula jenis lain yang disebut dengan EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) yang dapat dihapus dengan sinar ultraviolet serta dapat diprogram kembali berulang-ulang. Dan jenis yang disebut EEPROM (Electrically Erasable Programmabel Read Only Memory) yang dapat dihapus secara elektronik dan dapat deprogram kembali.
5.) RAM ( Random Access Memory )Merupakan jenis jenis memori yang dapat dibaca, diisi, dan diubah menurut kebutuhan (volatile). RAM mempunyai sifat sementara. Sifat sementara ini maksudnya adalah jika terjadi mati listrik maka data yang berada dalam RAM akan hilang. Misalnya, Pada saat anda mengetik yang ketikan telah sampai dua lembar, tetapi belum disimpan hasilnya ke dalam disket atau harddisk, hasil ketikan Anda akan berada di dalam RAM. Bila terjadi mati listrik maka data yang ada di dalam RAM akan hilang, Struktur RAM dibagi menjadi empat bagian utama, yaitu :
2.) Register Register merupakan jenis memori yang terdapat pada processor dan sebagai memori internal processor. Register merupakan memori yang mempunyai kecepatan tinggi 5 sampai 10 kali dibandingkan memori utama. Register digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU, sedang instruksi-instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di memori utama.
3.) Cache memoriMerupakan memori yang dapat meningkatkan kecepatan komputer dan dikatakan sebagai memori perantara.
4.) ROM ( Read Only Memory)Memori dalam CPU berfungsi membantu proses kerja komputer. ROM adalah salah satu memori, mempunyai sifat hanya dapat dibaca dan tidak bisa diubah dan mempunyai sifat yang permanen atau tetap (non volatile). ROM mulai berfungsi saat menghidupkan komputer.Sebagian perintah ROM ini dipindakan juga ke dalam RAM berupa instruksi atau syntax-syntax. Misalnya, untuk melihat isi file dengan perintah DIR dan untuk mengecek kapasitas disket atau harddisk dengan CHKDSK, ROM bersifat tetap atau permanen bila terjadi mati listrik, file pada ROM tidak akan hilang. Instruksi yang tersimpan dalam ROM disebut dengan microinstruction atau firmware karena hardware dan software dijadikan satu oleh pabrik pembuatnya. Apabila isi dari ROM hilang atau rusak maka sistem dari komputer tidak dapat berfungsi, oleh karena itu pabrik komputer merancang ROM hanya dapat dibaca saja dan tidak dapat dirubah. Selain ROM terdapat pula jenis ROM yang dapat diprogram kembali yaitu PROM(Programmable Read Only Memory), yang hanya dapat diprogram satu kali dan tidak dapat diubah kembali. Kemudian terdapat pula jenis lain yang disebut dengan EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) yang dapat dihapus dengan sinar ultraviolet serta dapat diprogram kembali berulang-ulang. Dan jenis yang disebut EEPROM (Electrically Erasable Programmabel Read Only Memory) yang dapat dihapus secara elektronik dan dapat deprogram kembali.
5.) RAM ( Random Access Memory )Merupakan jenis jenis memori yang dapat dibaca, diisi, dan diubah menurut kebutuhan (volatile). RAM mempunyai sifat sementara. Sifat sementara ini maksudnya adalah jika terjadi mati listrik maka data yang berada dalam RAM akan hilang. Misalnya, Pada saat anda mengetik yang ketikan telah sampai dua lembar, tetapi belum disimpan hasilnya ke dalam disket atau harddisk, hasil ketikan Anda akan berada di dalam RAM. Bila terjadi mati listrik maka data yang ada di dalam RAM akan hilang, Struktur RAM dibagi menjadi empat bagian utama, yaitu :
Input
Storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
Program
Storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan
diakses.
Working
storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan menyimpan hasil
pengolahan.
Output
Storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan
ditampilkan ke alat output. Berdasarkan struktur RAM tersebut, data yang
diinput ke dalam sistem komputer akan ditampung ke dalam input storage, bila
data dalam bentuk instruksi program maka akan dimasukkan ke dalam program
storage, dan bila dalam bentuk data dan hasil pengolahan data maka akan
dimasukkan ke working storage, kemudian sebelum data akan ditampilkan atau
output maka akan disimpan ke dalamoutput storage.
Terdapat
beberapa jenis RAM yang beredar dipasaran hingga saat ini yaitu :
1. FPM DRAM
(Fast Page Mode Random Access Memory), RAM yang paling pertama kali ditancapkan
pada slot memori 30 pin mainboard komputer, dimana RAM ini dapat kita temui
pada komputer type 286 dan 386. Memori jenis ini sudah tidak lagi diproduksi.
2. EDO RAM (
Extended Data Out Random Access Memory), RAM jenis ini memiliki kemampuan yang
lebih cepat dalam membaca dan mentransfer data dibandingkan dengan RAM biasa.
Slot memori untuk EDO – RAM adalah 72 pin. Bentuk EDO-RAM lebih panjang
daripada RAM yaitu bentuk Single Inline Memory Modul (SIMM). Memiliki kecepatan
lebih dari 66 Mhz
3. BEDO RAM
(Burst EDO RAM), RAM yang merupakan pengembangan dari EDO RAM yang memiliki
kecepatan lebih dari 66 MHz.
4. SD RAM
(Synchronous Dynamic Random Access Memory), RAM jenis ini memiliki kemampuan
setingkat di atas EDO-RAM. Slot memori untuk SD RAM adalah 168 pin. Bentuk SD
RAM adalah Dual Inline Memory Modul (DIMM). Memiliki kecepatan di atas 100 MHz.
5. RD RAM
(Rambus Dynamic Random Access Memory). RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat
tinggi, pertama kali digunakan untuk komputer dengan prosesor Pentium 4. Slot
Memori untuk RD RAM adalah 184 pin. Bentuk RD RAM adalah Rate Inline Memory
Modul (RIMM). Memiliki kecepatan hingga 800 MHz.
6. DDR SDRAM
(Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM). RAM jenis ini memiliki kecepatan
sangat tinggi dengan menggandakan kecepatan SD RAM, dan merupakan RAM yang
banyak beredar saat ini. RAM jenis ini mengkonsumsi sedikit power listrik. Slot
Memori untuk DDR SDRAM adalah 184 pin, bentuknya adalah RIMM.
* OUTPUT DEVICE (Alat keluaran)
Output
device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil
pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media
yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data
hasil proses. Jenis dan media dari output device yang dimiliki oleh komputer
cukup banyak. Output yang dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan ke
dalam empat macam bentuk sebagai berikut.
- Tulisan
- Image
- Suara
Bentuk yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form).
Tiga golongan pertama merupakan output yang digunakan langsung oleh manusia Unit keluaran antara lain terdiri atas: monitor, printer, plotter, dan speaker
- Tulisan
- Image
- Suara
Bentuk yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form).
Tiga golongan pertama merupakan output yang digunakan langsung oleh manusia Unit keluaran antara lain terdiri atas: monitor, printer, plotter, dan speaker
a.Monitor
Monitor merupakan salah satu jenis output device yang sangat populer dalam sistem komputer. Secara phisik, monitor mempunyai bentuk seperti halnya layar televisi dan fungsinya untuk menampilkan data dan informasi yang berguna bagi para pemakai komputer. Disamping itu, monitor juga berfungsi untuk melihat apakah data ataupun program yang akan dimasukkan kedalam komputer sudah dalam keadaan benar atau belum.
Monitor merupakan salah satu jenis output device yang sangat populer dalam sistem komputer. Secara phisik, monitor mempunyai bentuk seperti halnya layar televisi dan fungsinya untuk menampilkan data dan informasi yang berguna bagi para pemakai komputer. Disamping itu, monitor juga berfungsi untuk melihat apakah data ataupun program yang akan dimasukkan kedalam komputer sudah dalam keadaan benar atau belum.
Pada
umumnya, monitor yang pada saat ini menggunakan tabung sinar katoda atau
cathode ray tube (CRT). Dengan teknik scan-nya (raster scan technique) bisa
dihasilkan gambar pada layar monitor. Sinar elektron yang dihasilkan akan
bergerak secara cepat dan lurus serta bolak balik dari atas kebawah melintasi
bagian belakang monitor yang dilapisi pospor. Pospor ini akan bersinar apabila
ditembus sinar elektrone tersebut hidup atau mati, sehingga gambar-gambar dapat
dibentuk pada layar monitor.
Begitu
banyak dan cepatnya sinar ataupun spot yang terbentuk dari hasil penembusan
sinar elektrone yang diikuti oleh pembakaran phospor, maka yang nampak
dipermukaan seperti halnya pola huruf Z yang bergerak-gerak. Pola seperti ini
disebut sebagai “raster pattern”
Pada monitor
jenis monochrome ataupun composite, hanya terdapat satu sinar elektrone yang
menembus phospor, sehingga pada monitor jenis ini hanya bisa menampilkan satu
warna saja, yaitu hitam putih atau hijau hitam. Sedangkan untuk monitor
berwarna, terdapat tiga titik yang bisa menghasilkan warna merah, biru dan
hijau jika ditembus oleh sinar elektrone. Koordinasi yang dikendalikan oleh
komputer dalam menembus titik inilah yang menghasilkan gambar berwarna pada
monitor.
- Tipe-tipe
monitor yang sudah dikenal adalah.
(1) CGA (Color Graphic Adapter) Tipe monitor standar IBM yang mempunyai kualitas resolusi rendah. Monitor ini hanya mampu menampilkan 4 warna dalam mode grafis.
(2) EGA (Enhanced Graphic Adapter) EGA merupakan tipe monitor yang tingkatannya di atas CGA. Monitor ini mampu menampilkan 16 warna dalam mode grafis.
(3) EPGA (Enchanced Professional Graphic Adapter) Monitor ini mampu menampilkan 256 warna pada mode grafis. Monitor ini disebut juga sebagai monitor PEGA atau PGA
(4) VGA (Visual Graphic Adapter) VGA merupakan tipe monitor yang sekarang banyak digunakan. Gambar yang dihasilkan mempunya warna sampai jutaan. Mode grafisnya tampak lebih nyata di mata.
(5) LCD (Liquid Crystal Display) LCD dikenal sebagai monitor flat atau latar data dengan resolusi rendah, yang memiliki kemampuan menampilkan warna sampai jutaan. LCD menggunakan persenyawaan cair yang mempunyai struktur molekul polar dan diapit oleh dua elektode yang transparan
(1) CGA (Color Graphic Adapter) Tipe monitor standar IBM yang mempunyai kualitas resolusi rendah. Monitor ini hanya mampu menampilkan 4 warna dalam mode grafis.
(2) EGA (Enhanced Graphic Adapter) EGA merupakan tipe monitor yang tingkatannya di atas CGA. Monitor ini mampu menampilkan 16 warna dalam mode grafis.
(3) EPGA (Enchanced Professional Graphic Adapter) Monitor ini mampu menampilkan 256 warna pada mode grafis. Monitor ini disebut juga sebagai monitor PEGA atau PGA
(4) VGA (Visual Graphic Adapter) VGA merupakan tipe monitor yang sekarang banyak digunakan. Gambar yang dihasilkan mempunya warna sampai jutaan. Mode grafisnya tampak lebih nyata di mata.
(5) LCD (Liquid Crystal Display) LCD dikenal sebagai monitor flat atau latar data dengan resolusi rendah, yang memiliki kemampuan menampilkan warna sampai jutaan. LCD menggunakan persenyawaan cair yang mempunyai struktur molekul polar dan diapit oleh dua elektode yang transparan
b. Printer
Printer adalah sebuah peralatan dari komputer yang dapat mencetak teks atau gambar ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi. Perinter berdasarkan alat mekanik atau prose kerjanya yang digunakan, adalah.
Impact, printer secara bekerja dengan kertas dimana proses cetaknya dengan menggunakan jarum yang menghasilkan titik kotak (dot matrix).
Non Impact, printer yang bekerja secara mekanik, yaitu penyemprotan; dan elektronik pada media cetaknya.
Berdasarkan pekembangan teknologinya :
Pin Dot matrix
Ink jet
Laser
Thermal
Pin dot matrix diklasifikasikan berdasarkan jumlah pin yang dimiliki oleh head printer, yaitu 9, 18 dan 24. Transmisi yang digunakan, yaitu transmisi paralel (byte-by-byte) dan transmisi serial (bit-by-bit transmission). Metode pencetakan terdiri dari huruf per huruf (characeter by character), baris per baris (line by line), atau halaman per halaman (page by page). Secara umum printer yang umum digunakan terdiri dari tiga jenis, yaitu.
Dot matrix, contohnya Epson LX-300, LX-800, LQ-1170
Inkjet, contohnya Hp Deskjet, Cannon Buble jet
Laser jet, contohnya HP Laser jet 1000, 1010, 1020
Printer adalah sebuah peralatan dari komputer yang dapat mencetak teks atau gambar ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi. Perinter berdasarkan alat mekanik atau prose kerjanya yang digunakan, adalah.
Impact, printer secara bekerja dengan kertas dimana proses cetaknya dengan menggunakan jarum yang menghasilkan titik kotak (dot matrix).
Non Impact, printer yang bekerja secara mekanik, yaitu penyemprotan; dan elektronik pada media cetaknya.
Berdasarkan pekembangan teknologinya :
Pin Dot matrix
Ink jet
Laser
Thermal
Pin dot matrix diklasifikasikan berdasarkan jumlah pin yang dimiliki oleh head printer, yaitu 9, 18 dan 24. Transmisi yang digunakan, yaitu transmisi paralel (byte-by-byte) dan transmisi serial (bit-by-bit transmission). Metode pencetakan terdiri dari huruf per huruf (characeter by character), baris per baris (line by line), atau halaman per halaman (page by page). Secara umum printer yang umum digunakan terdiri dari tiga jenis, yaitu.
Dot matrix, contohnya Epson LX-300, LX-800, LQ-1170
Inkjet, contohnya Hp Deskjet, Cannon Buble jet
Laser jet, contohnya HP Laser jet 1000, 1010, 1020
c. Plotter
Plotter digunakan untuk mencetak gambar ukuran yang cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.
Plotter digunakan untuk mencetak gambar ukuran yang cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.
d. Speaker
Speaker akan memberikan informasi dalam bentuk suara. Apabila Anda mendengarkan lagu melalui komputer yang terhubung Internet dan terhubung pada saluran pemancar radion online, maka unit keluaran yang diperlukan adalah speaker.
Speaker akan memberikan informasi dalam bentuk suara. Apabila Anda mendengarkan lagu melalui komputer yang terhubung Internet dan terhubung pada saluran pemancar radion online, maka unit keluaran yang diperlukan adalah speaker.
* VEKTOR DISPLAY
Gambar
Vektor tersusun atas objek garis, kurva, bentukan(shape) dan memiliki atribut
seperti : isian warna, isian tekstur, garis tepi. Atribut objek elemen gambar
vektor dapat diubah ukurannya, bentuknya, warnanya, secara individual tanpa
menurunkan kualitas gambar. Masing - masing objek tersebut terwujud dari hasil
pemetaan koordinat dan persamaan matematis. Maka, gambar vektor tidak akan “pecah”
dan berkurang kualitasnya jika diubah ukurannya secara keseluruhan.
Contoh
gambar vektor adalah ilustrasi, kartun, dan text. Dari uraian itu, gambar
vektor bersifat resolution independent.
Contoh :
Jika anda menggunakan Browser Mozilla Firefox coba tekan CTRL + berkali-kali
untuk memperbesar ukuran, maka akan terlihat bahwa Text tidak mengalami
penurunan kualitas Warna, sedangkan objek gambar akan terlihat kotak-kotak
bergerigi bahkan buram.
Warna pada
gambar vektor memang lebih banyak bersifat solid. Gradasi warna(chrome) dan
nada(tone) tidaklah sekaya jika dibandingkan dengan gambar bitmap yang bersifat
photo realistic. Beberapa perangkat lunak pengelola gambar vektor seperti
corelDraw kini telah dapat menyimulasikan transparansi dan peleburan (blending)
antar lapiran elemen gambar(layer).
Beberapa
contoh format gambar vektor adalah : CDR(CorelDraw), AI(Adobe Illustrator),
CMX(Corel Exchange), CMG(Computer Graphic Metafile), DXF(AutoCAD), dan
WMF(Windows Media File).
Metafile
adalah format gambar vektor yang dapat menyimpan elemen bitmap, misalnya isian
tekstur bitmap. Sampai saat ini web masih didominasi format gambar bitmap.
Beberapa format vektor yang mulai banyak didukung dunia web, misalnya SWF(Adobe
Shockware Flash) dan SVG(Scalable Vektor Graphic) yang berbasis bahasa
pemograman XML(eXtensible Markup Language). Kedua format ini mendukung gambar
statis maupun animasi 2 dimensi.
Pengubahan
gambar bitmap ke gambar vektor(tracing) saat ini telah mampu dilakukan
perangkat lunak pengolah gambar vektor seperti CorelDraw, Corel Trace, Adobe
Flash, dan lain-lain. Jika ingin mengkonversi vektor ke bitmap(rasterisasi),
sebaiknya tetap menyimpan format vektornya untuk mempertahankan kulitas gambar.
* RASTER DISPLAY
Bitmap atau
Raster merupakan gambar yang tersusun dari titik-titik elemen gambar yang
disebut piksel. Masing-masing piksel memiliki informasi warna. Jumlah
kemungkinan warna yang dapat ditampilkan oleh suatu piksel tergantung pada
satuan bit yang dimiliki gambar bitmap tersebut. Gambar bitmap 8 bit berarti
piksel-piksel yang menyusun dapat menampilkan kemungkinan warna sebanyak 2
pangkat 8, atau 256 warna. Gambar bitmap dengan resolusi (jumlah piksel setiap
satuan ukur) besar, akan terlihat lebih halus dibandingkan yang memiliki
resolusi rendah. Resolusi gambar bitmap dinyatakan dalam satuan dot per
inch(dpi) atau pixel per inch(ppi).
Foto digital
dan gambar hasil pemindaian (scanning) adalah gambar bitmap.
Kadangkala, kita memindai foto dengan resolusi lumayan tinggi, misalnya 300 dpi yang sesuai untuk cetakan seukuran majalah. Ketika dilihat dimonitor komputer, tampak lebih besar karena standar display monitor komputer adalah 72 dpi atau 96 dpi. Maka dari itu, resolusi gambar bitmap yang sesuai untuk keperluan display, misal web adalah 72 dpi.
Kadangkala, kita memindai foto dengan resolusi lumayan tinggi, misalnya 300 dpi yang sesuai untuk cetakan seukuran majalah. Ketika dilihat dimonitor komputer, tampak lebih besar karena standar display monitor komputer adalah 72 dpi atau 96 dpi. Maka dari itu, resolusi gambar bitmap yang sesuai untuk keperluan display, misal web adalah 72 dpi.
Lain halnya
jika akan kita pergunakan untuk keperluan cetak. Printer memerlukan resolusi
yang cukup untuk menampilkan cetakan gambar yang baik, tergantung pada ukuran
media cetak dan jarak pandang idealnya. Cetak foto seukuran 10R akan lebih baik
jika menggunakan resolusi 300dpi atau lebih. Lain halnya untuk baliho. Jarak
pandang yang jauh, tidak akan menampakkan piksel yang ukurannya besar - besar
karena menggunakan resolusi rendah, misalnya 50dpi.
Gambar
bitmap bersifat resolution dependent. Artinya ketika kita mengubah
ukurannya(resample), sulit untuk mengendalikan kualitasnya. Jika kita
mengecilkan ukurannya, berarti membuang sebagian pikselnya. Sebaliknya ketika
diperbesar ukurannya(bukan zooming) akan terjadi terjadi penambahan piksel
diantara ruang piksel yang teregang. Piksel - piksel tambahan akan dikalkulasi
agar mirip warnanya dengan piksel disekitarnya. Mekanisme ini disebut
interpolasi.
Pembesaran
gambar melebihi kemampuan pikselnya akan mengekibatkan efek garis
bergerigi(jagged) pada pinggiran objek.
Beberapa
contoh format gambar bitmap adalah : BMP, GIF, PNG, TIFF, JPEG, Targa,
PICT(MacOS), PCX, serta PSD.
Format PNG,
GIF, TIFF, PSD, dan PICT mampu merekam informasi transparansi. Namun GIF hanya
mampu menyimpan informasi transparansi 1 bit : transparan atau tidak sama
sekali. Jadi transparansi pada format GIF tidak bersifat persial atau gradual.
GIF juga hanya bisa menyimpan informasi 256 warna. Untuk mengatasi keterbatasan
itulah, format PNG hadir. Namun, beberapa browser internet gaek belum mendukung
format PNG, sehingga saat ini lebih banyak digunakan untuk keperluan cetak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar