Senin, 10 Oktober 2016

Istilah lain yang berkaitan dengan anatomi huruf

Berikut merupakan istilah lain yang berkaitan dengan anatomi huruf :
1. Bowl
    Kurva (garis) parabola tertutup atau terbuka yang menciptakan kesan ruang didalamnya.  Contoh huruf : P
2. Counter
    Bagian dalam dari 'bowl'
3. Leg
    Bagian bawah huruf yang memiliki  kesan 'menopang' huruf tersebut. Misalkan bagian bawah huruf L dan garis diagonal pada huruf K.
4. Shoulder
    Bentuk lengkung yang biasanya merupakan pangkal sebuah leg. Contoh huruf : m, n
5. Crossbar
    Merupakan bagian huruf yang menghubungkan antara stem pertama dengan stem yang lainnya pada sebuah huruf. Contoh huruf : A
6. Axis
     Merupakan garis tak nampak yang membagi sebuah huruf sehingga bagian atas dan bawah akan membentuk sebuah axis. Contoh huruf : O
7. Ear
    Terletak pada bagian kanan dari sebuah bowl umumnya ditemukan pada huruf "g".
8. Tall
    Biasanya merupakan bagian yang berada dibawah garis descender. Secara umum ditemukan pada huruf "Q" dan " g , h , p , q , y" , namun pada jenis huruf dekoratif, biasanya muncul juga huruf "K" dan "R".
9. Aperture
    Biasanya berupa ruang negatif atau jarak dari sisa stroke pada sebuah huruf. Sebagian contoh nampak pada huruf "n", "C", "S"; bagian bawah dari huruf "e" dan bagian atas dari huruf "a".
10. Link/Neck
      Sebuah tarikan garis yang biasanya melengkung, yang berfungsi sebagai penghubung antara 'bowl' dan 'lope/lobe' pada bagian bertingkat pada huruf "g" yang di statistikan.
11. Lope/lobe
      Biasanya terdapat pada bagian huruf "g" yang ada dibawah garis baseline yang terhubung kepada 'bowl'. Biasanya juga terdapat pada huruf "p","b", dan "i".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAPAMALIAN

KAPAMALIAN Kapamalian dituliskeun téh lain pikeun jadi ageman, ngan supaya nyaho baé, yén kolot urang baheula mah dina hirup-kumbuhna téh...