Rabu, 12 Oktober 2016

Pedoman Penggunaan Huruf Secara Efektif

1. Pedoman Penggunaan Huruf
    Tipografi merupakan representasi visual dari sebuah bentuk komunikasi verbal dan merupakan properti visual yang pokok dan efektif.

a. Legibility
     Legibility memiliki pengertian sebagai kualitas huruf atas naskah dalam tingkat kemudahannya untuk dibaca. Tingkat keterbacaan ini tergantung kepada tampilan bentuk fisik huruf,ukuran,serta penataan dalam sebuah naskah.
     Naskah yang dicetaj dengan huruf besar kecil (upper-lower case) akan lebih nyaman dibaca. Bila dibandingkan dengan fisik huruf upper case,bentuk lower case lebih mudah dibedakan antara huruf yang satu dengan yang lain. Naskah keseluruhannya dicetak dengan huruf besar (all caps) terasa akan lebih cepat melelahkan mata.
     Interval ruang antar huruf atau kata memiliki dampak yang sangat berarti terhadap legibility. Susunan huruf yang terlalu rapat akan mengaburkan bentuk huruf , sedangkan susunan huruf yang terlalu renggang akan sangat mempengaruhi kecepatan membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAPAMALIAN

KAPAMALIAN Kapamalian dituliskeun téh lain pikeun jadi ageman, ngan supaya nyaho baé, yén kolot urang baheula mah dina hirup-kumbuhna téh...