Rabu, 26 April 2017

Citra Bitmap

Pengertian Citra Bitmap
     Citra adalah representasi dari sebuah objek. Bitmap adalah representasi dari citra grafis yang terdiri dari susunan raster/pixel/dot/titik/point koordinat yang tersimpan di memori komputer dan nilai disetiap titik diawali oleh satu bit data untuk gambar hitam putih, atau lebih bagi gambar berwarna. Kerapatan titik-titik tersebut dinamakan Resolusi. Semakin banyak jumlah titik yang membentuk suatu grafis bitmap berarti semakin tinggi tingkat kerapatannya. Hal ini menyebabkan semakin halus citra grafis, tetapi kapasitas filenya semakin besar.
     Jumlah warna maksimum yang dapat disimpan dalam suatu bitmap adalah sebanyak 2n, dimana n adalah banyaknya bit yang digunakan untuk menyimpan satu titik dari bitmap.

Jumlah bit per pixel - Jumlah Warna Maksimum

1 - 2
4 - 16
8 - 256
16 - 65536
24 - 16777216

Beberapa format file bitmap yang populer adalah BMP,PCX,TIFF,JPEG,GIF dll. Format bitmap ini cocok digunakan untum menyimpan citra digital yang memiliki banyak variasi dalam bentuknya maupun warnanya, seperti foto,lukisan dan frame video.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAPAMALIAN

KAPAMALIAN Kapamalian dituliskeun téh lain pikeun jadi ageman, ngan supaya nyaho baé, yén kolot urang baheula mah dina hirup-kumbuhna téh...