Selasa, 15 Maret 2016

Modem

Modem
Berasal dari singkatan Modulator Demodulator.Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan
Modem adalah penggabungan dari 2 alat tersebut yang artinya modem merupakan suatu alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh 2 arah pada umumnya memakai bagian yang disebut "modem", seperti Microwave Radio dan sebagainya, namun pada umumnya istilah modem dikenal sebagai sebuah Perangkat keras yang digunakan untuk keperluan komunikasi pada komputer.
Data yang berasal dari komputer yang berbentuk sinyal digital yang diberikan kepada modem guna diubah menjadi sebuah sinyal analog, ketika modem menerima data luar berupa suatu sinyal analog, modem akan mengubahnya menjadi sinyal digital agar dapat diproses untuk lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan dengan menggunakan berbagai media telekomunikasi seperti radio, telepon.
Fungsi Modem
Berikut fungsi modem :
1.Mengubah dari sinyal digital menjadi sinyal analog ataupun sebaliknya.
2.Menghubungkan perangkat dalam suatu jaringan
3.Melakukan modulasi serta demodulasi.
4.Melakukan komunikasi serta pemeriksaan paket data.
5.Mengkompresi data dikirim yang melalui sinyal

Jenis-jenis Modem
Berikut jenis-jenis modem : 

1.Modem ISDN

ISDN atau Integrated Services Digital Network merupakan salah satu sistem telekomunikasi di mana terdapat suatu layanan antara data, suara, serta gambar yang diintegrasikan ke dalam jaringan, yang mana menyediakan sebuah konektivitas digital ujung menuju ujung guna menunjang ruang lingkup pelayanan yang cukup luas. 

2.Modem GSM

Modem GSM ialah suatu jenis modem yang menggunakan telepon seluler sebagai sistem transfer data. Modem GSM dapat digunakan untuk seluruh kartu koneksi dari berbagai provider apapun asalkan sifatnya GSM.

3.Modem Analog

Modem yang membuat dari bentuk sinyal analog menjadi sinyal digital

4.Modem ADSL

Modem ADSL atau Asymetric Digital Subscribe Line dapat memungkinkan untuk mengakses internet dan menggunakan telepon analog secara bersama-sama. Caranya juga terbilang cukup mudah, untuk ADSL diberikan suatu alat yang disebut Splitter. Posisi Splitter atau pembagi line ditempatkan di depan ketika line telepon masuk.

5. Modem Kabel

Modem kabel ialah suatu modem yang dapat menerima data langsung dari suatu penyedia layanan lewat TV Kabel.

6.Modem CDMA

Modem CDMA ialah modem yang memakai frekuensi CDMA 800 MHz atau CDMA 1x. Yang terbaru pada saat ini yaitu menggunakan frekuensi EVDO Rev-A atau setara dengan 3G serta teknologi CDMA yang terbaru ialah EVDO Rev-B.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAPAMALIAN

KAPAMALIAN Kapamalian dituliskeun téh lain pikeun jadi ageman, ngan supaya nyaho baé, yén kolot urang baheula mah dina hirup-kumbuhna téh...